DAERAH-WAKATOBI

55 Relawan Demokrasi Wakatobi Kejar 77,6 Persen Pemilih


Pengukuhan Relasi di gedung pesanggrahan, Kecamatan Wangi-wangi Selatan, Selasa 29 Januari 2019. Ali Hanafi

WAKATOBI, kabarbuton.com - Relawan Demokrasi (Relasi) di Kabupaten Wakatobi dikukuhkan, Selasa 29 Januari 2019 di Taman Budaya Wangi-wangi Selatan. Mereka diharapkan mampu mengejar terget 77,6 persen partisipasi pemilih di Wakatobi.

Pasca dikukuhkan mereka sudah harus mulai bertugas, waktu dua bulan sebelum April diharapkan 55 relasi kerja keras. 23 orang di Pulau Wangi-wangi, 12 di Kaledupa, 12 di Tomia, dan 8 di Binongko.

Tugas mereka mensosialisasikan ke masyarakat tentang pentingnya partisipasi pemilih di 11 basis diantaranya, komunitas, marginal, perempuan, keluarga, disabilitas, pemula, warga internet, pemuda, dan keagamaan.

Komisioner KPU Wakatobi Divisi Sosialisasi, Rizal mengatakan, angka partisipasi pemilu 2014 lalu di Wakatobi 67,75 persen. Data itu terbagi 60,74 persen pemilih laki-laki dan partisipasi 74,5 persen pemilih perempuan.

"Harapan bisa melampaui dari target tersebut, dan angka itu membutuhkan kerja keras kita semua dalam waktu tiga bulan untuk mencapai target angka 77,6 persen pemilih 2019," paparnya ketika diwawancarai usai pengukuhan.

Abas salah satu Relasi Wakatobi menilai, hal itu merupakan langkah yang harus dilakukan untuk memberikan sikap edukasi sosial pada pemilih. Abas yang akan bertugas di Pulau Tomia berharap nantinya masyarakat dapat memahami kinerja pemilu, apalagi tahun 2019 berbeda dengan tahun 2014 lalu.

"Harapan kami masyarakat bisa berpartispasi dengan menggunakan hak pilihnya pada Rabu 17 April 2019 nanti. Itu merupakan tujuan utama dari Relawan Demokrasi," pungkasnya. (B)


Penulis: Ali Hanafi
Editor: Ode Ngansa

Tag

Baca juga