PERISTIWA

Akses Pasarwajo ke Lasalimu Putus


Tanah longsor yang menutupi badan jalan. Facebook, Syamsul Ma'rif

PASARWAJO, kabarbuton.com - Jalan poros yang menghubungkan Kecamatan Lasalimu, Lasalimu Selatan, dan Siotapina menuju Kecamatan Pasarwajo, Ibukota Kabupaten Buton terputus, karena tertimbun material longsor yang menutupi seluruh badan jalan, Senin 12 Juni 2017. Akibatnya, kendaraan bermotor dari dua arah tidak dapat melintas.

Seorang pengguna akun media sosial facebook, Syamsul Ma'arif juga sempat menggunggah sejumlah foto yang memperlihatkan jalanan tertutup material longsor tak jauh dari Pantai Pasir Hitam di Kecamatan Wolowa. Dari foto itu, terlihat sejumlah warga hanya berdiri pasrah di jalanan tak jauh dari longsor, karena material longsor hanya dapat diatasi dengan alat berat.

Ketika dihubungi melalui ponselnya, pukul 09.17 WITA, Syamsul mengatakan tak ada satupun kendaraan yang dapat melintas, termasuk sepeda motor sekalipun. Ia mengaku masih berada di lokasi kejadian, dan tetap menunggu hingga jalan dapat terbuka kembali karena ada urusan mendesak di Kota Baubau.

"Lokasinya di desa Wolowa Baru, Kecamatan Wolowa," kata Syamsul.

Saat ini menurutnya satu unit alat berat sudah diturunkan untuk memindahkan material longsor dari badan jalan. Dari informasi warga sekitar, longsor itu terjadi pukul 02.00 WITA dini hari tadi. Beruntung kata dia tak ada korban saat peristiwa terjadi.

Kapolres Buton, AKBP Andi Herman SIK yang dihubungi juga membenarkan peristiwa itu. Ia belum dapat memberikan keterangan lebih rinci, karena laporan peristiwa baru ia terima dari anggotanya di lapangan.


Penulis: Ode Ngansa

Tag

Baca juga