INTERNASIONAL

Andini Claudia Siap Pasarkan Hasil Tenunan Buton di Kancah Internasional


Andini Claudia. Ist

PASARWAJO, kabarbuton.com - Setelah berkeliling selama Lima minggu mengunjungi sentra-sentra Industri di Amerika Serikat, sebagai salah satu peserta Young South East Asia Leaders Initiative (YSEALI) perwakilan Indonesia dalam bidang kearifan lokal pelestarian Budaya. Gadis kelahiran Buton Andini Claudia (22), berkeinginan mambangun wadah Bagi para penenun kain di Buton.

Andini Claudia melalui ayahnya, Rusdi Nudi mengatakan, terinspirasi dari Fabric Incubator Mac 6, yang merupakan perusahaan-perusahaan star up yang berkembang di Arizona dan juga Ability 360, dimana para pekerjanya berasal dari disabilitas mampu bekerja seperti orang-orang pada umumnya.

"Dari hal itu dia sangat berkeinginan untuk membangumpulkan para penenun kain khas Buton, agar tergabung dalam satu wadah," ucapnya, saat ditemui diruang kerjanya, Selasa 02 Mei 2017.

Lanjut Rusdi, ketika melihat dari sisi penghasilan para penenun kain Buton, saat ini di hargai Rp 350.000 perkain. Hal ini tidak sepadan dengan kerja mereka, dimana proses pengerjaan satu kain membutuhkan waktu, tenaga yang lama dan tidak terlepas dari nilai seni yang tinggi.

Kemudian, pada Malam ramah tamah kegiatan YSEALI, Andini diberikan kesempatan bertemu dengan Mark A Taplin yang menjabat sebagai Principal Deputy Assistant Secretary bureau of Educational and Cultural Affairs, yang sangat tertarik dengan programnya dan akan membantu dalam pemasaran kain tenun Buton.

“Satu kain tenun masih dinilai belum sepadan dengan tenaga dan hasil seni mereka yang butuh ketelitian, sehingga menghasilkan keindahn karya seni yang sangat berharga. Insyah allah, setelah bertemu dengan Principal Deputy Assistant Secretary bureau of Educational and Cultural Affairs, ada titik terang untuk menuju kearah perubahan buat penenun tradisional kita," jelasnya.

Andini Claudia berharap, agar anak muda Indonesia itu berani mencoba program seperti program yang Ia jalankan, dan juga berkeinginan untuk berkontribusi ke daerahnya masing-masing.

"karena, kalau bukan kita maka siapa lagi yang akan membangun daerah kita," kata Ayah Andini mengulang ucapan Andini. (A)


Penulis: Safrin
Editor: Rahmadi

Tag

Baca juga