ADVETORIAL

Atasi Permasalah Buruh, Pemkot Baubau Bentuk Lks Tripartit


Ilustrasi

BAUBAU, kabarbuton.com - Peduli buruh dan tenaga kerja lainnya di Kota Baubau, Pemerintah Kota Baubau melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Baubau terus berupaya melakukan penggodokan terhadap pembentukan kepengurusan lembaga kerjasama (LKs) Tripartit di Kota Baubau.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Baubau, Zarta, S.E., M.Si menjelaskan, LKs Tripartit merupakan forum komunikasi, konsultasi dan musyawarah untuk membahas masalah ketenagakerjaaan sebagai bahan penyusunan kebijakan Pemerintah Kota Baubau terhadap buruh dan tenaga kerja lainnya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Lembaga ini sebenarnya sudah ada sejak 2015 yang lalu namun fakum. Olehnya itu, pada Selasa, 11 Desember 2018 yang lalu pemerintah Kota Baubau melalui Sekertaris Daerah, bapak Dr. Roni Muhtar secara resmi membukan kembali penggodokan kepengurusan LKs Tripartit. Dalam rapat itu, kepengurusan anggota pengurus yang baru mulai disusun kembali tentunya dengan beracuan pada PP Nomor 5 Tahun 2005," kata Zarta.

Zarta menilai, Lks Tripartit merupakan lembaga penting yang wajib terbentuk. Karena lembaga tersebut akan menjadi forum komunikasi, konsultasi maupun kerjasama ketenagakerjaan bersama unsur pengusaha, pekerja, atau buruh pemerintah sebagai pengawas.

"Untuk masa bakti kepengurusan itu selama tiga tahun. Setelah nanti tiga tahun kedepan, akan kita lakukan penyusunan kepengurusan yang baru. Untuk biaya pendanaan pembentukan, peningkatan peran, dan pelaporan LKS Tripartit ini sesuai Peraturan bersama Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Menteri Dalam Negeri, No. 04/Men/II/2010 dan No. 17 tahun 2010 tentang Pembentukan dan Peningkatan Peran LKS Tripartit daerah akan dibebankan kepada APBD Kota sendiri. Besar harapan kami, khususnya pemerintah Kota Baubau terhadap lembaga ini agar masalah buruh maupun tenagakerja kita bisa teratasi dengan sebaik-baiknya," tutupnya. (Adv)


Penulis: Rahmadi

Tag

Baca juga