DAERAH-WAKATOBI

Bantuan PKH di Wakatobi Mulai Disalurkan


Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wakatobi, Jamrudin ditemui di ruang kerjanya, Kamis 21 Februari 2019. Ali Hanafi

WAKATOBI, kabarbuton.com - Sebanyak 5.419 keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (PKH), dalam waktu dekat bakal terima bantuan langsung dari Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wakatobi, Jamrudin mengungkapkan, kepastian penyaluran bantuan tersebut setelah Presiden Jokowi menganggarkan dana kurang lebih Rp 32.69 triliun untuk masyarakat kurang mempu. Dimana jumlah tersebut meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 19,3 triliun.

Untuk penyalurannya, akan dilakukan empat tahap. Saat ini, penyaluran tahap pertama sudah dilakukan terdiri dari 899 KK di Kecamatan Wangi-Wangi, 1.919 wangi-wangi selatan, 682 KK di Kecamatan Kaledupa, 346 kk di Kaledupa Selatan, 368 kk di Kecamatan Tomia, 394 kk di Kecamatan Tomia Timur, 500 KK di Kecamatan Binongko dan 311 di Kecamatan Togo Binongko

"Waktu penyalurannya, kita tinggal tunggu perintah saja. Yang pasti, kita akan salurkan secara bertahap," ungkap Jamrudin ditemui di ruang kerjanya, Kamis 21 Februari 2019.

Koordinator PKH Kabupaten Wakatobi, Sarman Samara menambahkan, pemerintah telah menetapkan indeks bantuan sosial yaitu bantuan tetap PKH reguler Rp. 550 ribu per keluarga, bantuan tetap PKH akses Rp. 1 juta per keluarga (KPM yang tinggal di daerah sulit dan terpencil), KPM yang memiliki Ibu hamil, mempunyai anak balita, tinggal dengan bersama lansia dan disabilitas Rp. 2,4 juta per jiwa.

Selain itu, KPM yang memiliki anak usia sekolah SD Rp. 900 ribu per jiwa, SMP Rp. 1,5 juta perjiwa dan SMA Rp. 2 juta perjiwa.

"Seluruh dana itu terhitung untuk satu tahun," kata Sarman

"Setiap KPM PKH akan diberikan bantuan maksimal untuk empat orang dalam satu KK berdasarkan komponen kondisionalitas dan setiap penerima akan langsung ditransfer melalui rekeningnya masing-masing yang sudah disedikan oleh tim kerja kami," tambahnya menutup. (B)


Penulis: Ali Hanafi
Editor: Rahmadi

Tag

Baca juga