DAERAH-BAUBAU

BKIPM Baubau Bagi Ikan dan Sosialisasi di Pesantren Al-Amanah


Kepala BKIPM Baubau, Arsal memberikan bantuan ikan segar untuk Pondok Pesantren Modern Al-Amahan usai kegiatan sosialisasi Goes To School, Jum'at 05 Juli 2019. Doc. BKIP Baubau

BAUBAU, kabarbuton.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan, melalui Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, menggelar kegiatan sosialisasi bertemakan "Goes to School" yang dipusatkan di pondok pesantrean (Ponpes) Modern Al-Amanah Darussalam, di Kelurahan Liabuku, Kecamatan Bungi, Kota Baubau, Jum'at 05 Juli 2019.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, SKIPM Baubau juga memberikan pendampingan khusus kepada Al-Amanah terkait cara budidaya dan memberikan pemahanan terkait biosecurity dan penyakit pada ikan lele. Hal itu dilakukan mengingat, Ponpes Al-Amanan merupakan salah satu pemerima bantuan budidaya bioflok ikan lele dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Selain penyakit pada ikan lele, juga diberikana pemahaman dan pengenalan ikan yang segar / mutu ikan yang baik dan aman dikonsumsi, kebijakan KKP terkait pelarangan dan dampak penggunaan bahan peledak dan bahan kimia. Selain itu juga, mengenalkan kepada siswa jenis ikan atau jenis biota laut yang dilindungi dan diatur penangkapan dan perdagangannya.

Pimpinan Ponpes Modern Al-Amanah, K.H. Ahmad Karim, S.Sos., M.Pd dalam sambutannya memberikan ucapan terima kasih dan syukur kepada KKP atas bantuan budidaya ikan lele serta BKIPM Baubau yang telah memilik Al-Amanah sebagai salah satu tempat pelaksanaan sosialisasi.

"Kegiatan ini sangat baik sekali dan kami berharap, kami akan dikunjungi lagi dan selalu didampingi dalam setiap tahapan budidaya lele yang sangat positif bagi para santri dan santriwat," ucapnya penuh syukur.

Foto bersama BKIPM Baubau bersama santri Pondok Pesantren Modern Al-Amanah, Jum'at 05 Juli 2019. Doc. BKIPM Baubau

Sementara itu, Kepala BKIPM Baubau, Arsal mengungkapkan, kegiatan sosialisasi di Ponpes Al-Amanah merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati kegiatan bulan bakti BKIPM dengan tujuan, untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi aktif masyarakat, khususnya para siswa Ponpes Al-Amanah, terkait penyebaran informasi penyelenggaraan fungsi perkarantinaan, pengendalian mutu ikan dan keamanan hasil perikanan yang akan dikonsumsi, serta keamanan hayati ikan yang diatur pemasukan dan pengeluarannya baik antar area maupun lintas negara.

"Diharapkan pula, dengan kegiatan ini para santri dan masyarakat yang ada di pondok pesantren untuk lebih gemar mengkonsumsi ikan yang baik mutunya, sebagai sumber protein hewani yang sangat penting untuk mencerdaskan, menyehatkan bagi kita dan anak anak kita," kata Arsal.

Sosialisasi yang disampaikan langsung oleh Petugas fungsional Ahli BKIPM Baubau, disambut antusias oleh para santri yang berjumlah 80 orang. Dalam kesempatan tersebut, BKIPM Baubau juga memberikan kuis berhadiah bagi para santri yang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan, serta memberikan ikan segar yang bermutu kepada pondok pesantren yang diterima langsung oleh pengurus pondok pesantren yang disaksikan oleh para santri.


Penulis: Rahmadi

Tag

Baca juga