DAERAH-BAUBAU

BKIPM Baubau bersama Fakultas Perikanan Unidayan Bersihkan Sampah di Kotamara


BKIPM Baubau bersama Fakultas Perikanan Unidayan Baubau bersihkan sampah disempanjang bibir pantai Kotamara, Jumat 12 Juli 2019. Doc. BKIPM Baubau

BAUBAU, kabarbuton.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan Melalui Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kota Bauau bersama mahasiswa Fakultas Perikanan Universitas Dayanu Iksanuddin (Unidayan) Baubau, menggelar baksi sosial membersihkan sampah plastik di sepanjang pantai Kotamara, Jum'at 12 Juli 2019.

Kepala BKIPM Kota Baubau, Arsal, S.St.Pi., M.P mengungkapkan, kegiatan pembersihan bibir pantai Kotamara dari sampah merupakan inisiatif BKPIM dan merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan bulan bakti BKIPM Baubau. Dari hasil baksos tersebut, kurang lebih 1,8 ton sampah yang didominasi oleh sampah plastik berhasil dibersihkan.

"Sampah plastik di bibir pantai Kotamara lumayan banyak. Kotamara merupakan ruang publik yang banyak dikunjungi masyarakat, oeh karena itu kami berinisiatif membersihkan sampah di tempat tersebut, khususnya sampah plastik yang sangat merusak. Apalagi di Kotamara itu sampah didominasi oleh sampah plastik yang sulit terurai, dan bahaya sampah plastik di laut dapat mencemari lautan, disamping mengurangi keindahan laut juga dapat mencemari ikan biota laut yang memakannya, katrena plastik mengandung mikroplastik yang berbahaya untuk kesehatan ikan dan manusia," ungkap Arsal.

"Kami berharap masyarakat yang datang ketempat itu untuk memiliki kesadaran yang tinggi agar selalu membuang sampah pada tempatnya, jangan dibuang ke laut, karena kalau bukan kita yang menjaga daerah ini, siapa lagi," harapnya.

BKIPM Baubau bersama Fakultas Perikanan Unidayan Baubau bersihkan sampah disempanjang bibir pantai Kotamara, Jumat 12 Juli 2019. Doc. BKIPM Baubau

Ditempat yang sama, Dekan Fakultas Perikanan Unidayan Baubau, Wa Ode Safia sangat mengapresiasi kegiatan bersih pantai tersebut dan berharap dikegiatan-kegiatan selanjutnya, Fakultas Perikanan Unidayan bisa kembali di undang untuk berpartisipasi.

"Mewakili Fakultas Perikanan, saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada BKIPM Baubau yang sudah melibatkan kami. Kami akan selalu siap kapan saja untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya," kata Wa Ode Safia singkat.


Penulis: Rahmadi

Tag

Baca juga