DAERAH-BAUBAU

BKIPM Baubau Pastikan Ikan di Baubau Aman di Konsumsi


BKIPM Baubau bersama Pos Angkatan Laut, BKSDA dan Balai Pom periksa keamanan dan mutu ikan di Kota Baubau, Kamis 11 Juli 2019. Doc. BKIPM Baubau

BAUBAU, kabarbuton.com - Balain Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kota Baubau, bersama Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), lakukan pemeriksaan terhadap mutu ikan di Kota Baubau yang dipusatkan di pasar tradisonal Wameo, Kamis 11 Juli 2019.

Sejumlah ikan yang di jual di pasar, dilakukan pengujian untuk memastikan ikan yang dijual tidak mengandung bahan berbahaya seperti formalin, boraks serta sejumlah zat pengawet berbahaya lainnya.

Kepala BKIPM Kota Baubau, Arsal, S.St.Pi., M.P mengungkapkan, dari hasil pemeriskaan tim penguji, seluruh ikan yang ada di pasar Wameo dinyatakan aman untuk di konsumsi karena tidak mengandung bahan pengawet seperti formalin, boraks atau zat berbahaya lainnya.

"Kita ambil sampel di beberapa titik, tim kita langsung melakukan pengujian. Alhamdulillah semua aman di konsumsi," ungkap Arsal.

Meski dinyatakan aman dari kandungan bahan pengawet, namun berdasarkan hasil uji kesegaaran ikan, secara keseluruhan hasilnya bervariasi dengan rata-rata nilai berkiar enam hingga delapan. Dimana untuk ikan kategori segar, minimal berada diatas angka tujuh.

Sebelumnya, BKIPM Baubau bersama Pos Angkatan Laut dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kota Baubau, lakukan pemeriksaan hasil tangkap ikan nelayan.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan tidak ada nelayan atau penjual ikan, memperjual berlikan jenis ikan yang dilarang atau dilindungi oleh undang-undang. Dalam kegiatan itu juga, disertakan pembagian brosur informasi terkait jenis ikan yang dilarang serta dilindungi untuk tidak ditangkap atau diperjual belikan secara bebas.

"Alhamdulillah, tidak ada yang kita temukan. Dibandingkan tahun lalu, masih ada beberapa yang kita temukan," kata Arsal menutup.


Penulis: Rahmadi

Tag

Baca juga