EKOBIS

Harga Cabe dan Bawang di Baubau Merangkak Naik


Sernawati, seorang pedagang di Pasar Wameo Kota Baubau di temui di lapak dagangannya, Senin 22 April 2019. Rahmadi

BAUBAU, kabarbuton.com - Meski belum memasuki bulan Ramadhan, harga sejumlah kebutuhan di pasar tradisonal Kota Baubau mulai merangkak naik. Hal itu terlihat dari harga jual bawang, baik bawang merah maupun bawang putih dan harga jual cabe yang mulai mengalami kenaikan hingga 100 persen dari harga jual sebelumnya.

Sernawati, seorang pedagang di pasar Wameo mengungkapkan, khusus bawang merah, sebelumnya dijual dengan seharga Rp 22 ribu perkilo menjadi Rp 40 hingga 45 ribu per kilo. Untuk bawang putih, sebelumnya dijual seharga Rp 25 ribu kini naik menjadi Rp 45 ribu perkilo dan untuk harga cabe dari harga Rp 15 ribu, naik hingga Rp 45 ribu per kilo.

"Harga ini mulai naik dari satu minggu yang lalu. Apalagi nanti kalau sudah jelang Ramadhan, pasti harga kebutuhan pokok yang lain akan ikut naik," ungkapnya ditemui di lapak dagangannya, Senin 22 April 2019.

Sernawati juga mengungkapkan, selain dirinya, sejumlah pedagang lainnya juga ikut mengeluhkan kenaikan harga bawang dan cabe. Kenaikan harga tersebut, dipuci akibat kurangnya pasokan bawang merah maupun bawang putih yang didatangkan dari luar daerah, sementara kenaikan harga cabe dipicu akibat gagal panen sejumlah petani cabe.

"Kalau sudah begini, pasti dampaknya berkurang pembeli. Kalaupun ada, paling akan beli sesui kebutuhan saja," tambahnya menutup.


Penulis: Rahmadi

Tag

Baca juga