LINGKUNGAN

Hutan Konservasi Wakonti Terancam Gundul


Salah satu lokasi di Hutan Konservasi Wakonti yang sudah mulai gundul. Rahman

BAUBAU, kabarbuton.com - Status hutan konservasi Wakonti Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) kini terancam gundul. Mengingat, saat ini tidak sedikit masyarakat Kota Baubau yang menebang pohonnya secara ilegal, padahal status hutan konservasi itu sangat dilindungi pemerintah.

Menurut informasi, para pelaku pembalakan liar itu beraksi pada malam hari, dan dilakukaan lebih dari satu orang. Kepala BPBD Kota Baubau La Ode Muslimin Hibali, menjelaskan, jika hutan konservasi Wakonti gundul maka Kota Baubau terancam terkena bencana kekeringan dan bencana banjir.

"Kita harus tetap mengawasi hutan konservasi itu agar kita terhindar dari bencana," paparnya.

Kata dia, untuk mencegah terjadinya bencana, ia akan berkordinasi dengan BPBD Provinsi Sultra untuk membicarakan terkait huntan Konservasi Wakonti terancam gundul. Ia menyebutkan, pihaknya telah menemukan dua titik yang sudah mulai ditebang orang yang tidak bertanggung jawab, yakni di samping jalan dan bagian dalam hutan konservasi.

Jika hutan Konservasi Wakonti gundul, maka mata air wamembe yang terletak di kawasan hutan Konservasi itu akan terancam kekeringan juga.

"Yang jadi masalah kita ini sudah tidak ada lagi polisi kehutanan, tapi kita akan coba kordinasikan dengan BKSDA yang ada di Baubau," ungkap mantan Camat Wolio itu.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Baubau agar bersama-sama menjaga kelestarian hutan Konservasi Wakonti. Karena saat ini tidak sedikit orang yang mengambil keuntungan tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi kedepannya.


Penulis: Rahman

Tag

Baca juga