DAERAH-WAKATOBI

Pimpinan DPRD Wakatobi Berganti


Ketua DPRD Wakatobi, Sudirman A Hamid

WAKATOBI, kabarbuton.com - Ketua dan Wakil Ketua yang baru Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, sukses dilantik dan diambil sumpahnya di ruang sidang paripurna Gedung DPRD Wakatobi, Kamis 7 Februari 2019.

Keduanya yakni Sudirman A Hamid dan Ali Kamar Halim dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Wangi-wangi, Nyoto Hindaryanto SH MH. Hadir dalam pelantikan Dihadiri Asisten I, Ketua KPUD, Ketua Bawaslu, serta sejumlah Kepala OPD Lingkup Pemkab Wakatobi.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sulawesi Tenggara, nomor 68 Tahun 2019 tentang peresmian pemberhentian dan pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW), yakni Sudirman A Hamid dari partai PDIP menjadi Ketua DPRD Wakatobi, yang menggantikan Muhamad Ali. Sedangkan Ali Kamar Halim menggantikan H Sukiman dari partai Hanura untuk sisa masa jabatan periode 2014-2019.

Saat ditemui kabarbuton.com usai pelantikan, Sekwan DPRD Wakatobi, Rusdin menjelaskan, pelantikan unsur pimpinan sempat tertunda karena itu merupakan proses dinamika. Saat ini Ketua dan Wakil Ketua DPRD Wakatobi yang baru akan menjalankan tugas sebagaimana biasanya demi melayani masyarakat Wakatobi.

Dalam sambutan yang dibacakan Asisten I, Pemda Wakatobi H Kamalu mewakili Bupati Arhawi menyebut, pergantian pimpinan dalam sebuah organisasi merupakan hal yang biasa. Terpenting, pergantian itu sesuai mekanisme dan perundang-undangan yang berlaku dan mengutamakan kepentingan masyarakat serta bersinergi dengan mitra kerjanya.

Ketua DPRD Wakatobi, Sudirman A Hamid mengucapkan apresiasi kinerja Pemerintah Daerah yang memfasilitasi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan sudah berjalan sesuai yang diharapkan bersama.

"Pelantikan ini sudah sesuai dengan mekanisme yang ada, tetapi tujuan utamanya adalah tugas yang diemban ini bisa bermanfaat untuk masyarakat dan daerah kita," tuturnya.

Tugas yang akan ia lakukan selanjutnya yakni memproses PAW beberapa anggota DPRD Wakatobi yang lain yang sudah mendapatkan rekomendasi Bupati Wakatobi.

"Dalam waktu dekat ini kita akan komunikasikan di Provinsi," katanya.

Ia berjanji akan terus mengoptimalkan organisasi DPRD dengan fungsi, sebagai salah satu lembaga pengawasan serta pembangunan daerah untuk tetap membangun kemitraan yang baik.


Penulis: Ali Hanafi
Editor: Ode Ngansa

Tag

Baca juga