INTERNASIONAL

Ratusan TKA Asal China "Serbu" Kabaena


Kepala Kantor Imigrasi Kota Baubau, Edisong, memantau langsung pengurusan Kitas TKA asal China. Foto: Rahmadi

BAUBAU, kabarbuton.com - Sedikitnya kurang lebih 400 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China, didatangkan salah satu perusahaan tambang nikel yang beroperasi di Kabaena, Kabupaten Bombana.

Kepala Kantor Imigrasi Kota Baubau, Edisong, ditemui di ruang kerjanya, Rabu 05 April 2017, mengungkapan, TKA asal China tersebut sudah mulai bekerja di Perusahaan Sinar Surya Saga Utama, sejak akhir November 2016 yang lalu. Dimana dari ke 400 TKA itu, semua didatangkan secara bergilir.

"Sebelumnya itu ada 50 orang lebih yang datang, namun izin mereka sudah selesai dan sekarang datang lagi pengganti mereka itu sekitar 58 orang. Namun yang baru datang ke kantor Imigrasi untuk mengurus Kartu Izin Tinggal Tetap (Kitas) baru sekitar 32 orang," terang Edisong.

Diperusahaan itu kata Edisong, pemenang tender pemasangan Smelter merupakan warga negara Rusia. Dan semua perlengkapan pembauatan Smelter tersebut dibelinya langsung dari China.

"Makanya banyak TKA dari China yang didatangkan, karena orang lokal kita itu tidak bisa memasang itu. Rencananya mereka akan pasang empat Smelter. Kemudian semua TKA itu, rata-rata mengusur Kitas yang jangka waktunya itu enam bulan. Kalau sudah habis masa belaku Kitasnya, mereka akan di kembalikan ke Negara asal mereka," jelasnya.

Sebelumnya kata Edisong, seluruh TKA yang datang itu, bertolak dari Jakarta menuju Kendari, dan dari Kendari semuanya langsung dibawa menggunakan Kapal perusahaan menuju Kabaena. Namun karena semuanya belum mengantongi izin tinggal, maka pihak perusahaan langsung membawa semua TKA mengurus Kitas di Kantor Imigrasi.

"Sekarang sedang tahap pendataan, ambil sidik jari, dan lainnya untuk keperluan data Kitas mereka. Intinya, ke 400 TKA yang direncanakan datang ke Kabaena, akan datang secara bertahap," tutupnya.


Penulis: Rahmadi

Tag

Baca juga