LINGKUNGAN

Umat Islam di Baubau Gelar Aksi Damai di Tugu Kirab


Peduli Uyghur aliansi Umat Islam Kota Baubau lakukan doa bersama saat menutup kegiatan aksi saat itu. Muliyadi S Azis

BAUBAU, kabarbuton.com - Menyikapi tindakan pemerintah rezim komunis China terhadap Muslim Uyghur di XINJIAN China. Aliansi Umat Islam Kota Baubau melakukan aksi damai di Tugu Kirab Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Senin 24 Desember 2018.

Dalam aksi yang bermassakan 100 orang itu, mendesak agar pemerintah Segera menyikapi kebiadaban rezim pemerintah China terhadap Muslim di Uyghur yang secara nyata telah menjadi korban Genosida di Xinjian. Serta mendesak pemerintah untuk aktif dalan politik Internasional sebagaimana diamanat UUD 1945 menyatakan, Bebas aktif dan ikut mendorong terbentuknya perdamaian dunia melalui pengiriman tentara untuk menyelamatkan kaum Muslim Xinjian akibat kebijakan pemerintah China.

Musran kordinator lapangan (Korlap) ketika menyampaikan orasinya menyebutkan aksi saat itu merupakan aksi solidaritas kepada masyarakat muslim Uyghur XINJIAN CHINA yang mengalami diskriminasi dimana hak-hak mereka sebagai umat Islam di batasi oleh pemerintah China itu sendiri.

"Kemuliaan dan kehormatan umat Islam hanya akan terjaga manakala diterapkan warisan Rosulullah, Syariat Islam secara Kaffah melalui tegaknya Daulah Khilafah Islamiyah," tuturnya.

Dia juga menyerukan agar masyarakat Muslim Indonesia khususnya Kota Baubau untuk ikut menyuarakan nasib saudara Muslim Uyghur Cina sebagai bentuk Ukhuwah Islamiah.

"Muslim itu bersaudara maka aksi hari ini merupakan bentuk solidaritas terhadap saudara Muslim kita etnis Uyghur Cina yang ditindas dan diperlakukan tidak manusia oleh pemerintah Cina", katanya.

Masih di tempat yang sama, Herlin salah satu orator menyampaikan. persoalan etnis Uyghur merupakan kejahatan kemanusiaan. Apalagi, Pemerintahan Cina telah melakukan perampasan kemerdekaan untuk menjalankan ajaran agama islam di Uyghur.

Dalam aksi saat itu juga, para peserta aksi menuntut agar dihentikannya kekerasan dan diskriminasi pemerintah Cina terhadap Muslim Uyghur membuka akses bantuan internasional terhadap Muslim Uyghur, keterbukaan informasi terkait kasus kekerasan terhadap Muslim Uyghur, serta mendesak Pemerintah Indonesia untuk mengambil sikap tegas mengkritisi pelanggaran HAM yang terjadi di Uyghur Cina. (B)


Penulis: Muliyadi S Azis
Editor: Rahman

Tag

Baca juga